Sejarah Jalur KA JAKARTA - BANDUNG

 

SITUS JUDI TERBAIK SLOT4D Sejarah Jalur KA Bandung Jakarta ( Cikampek - Padalarang )

Dimulai Pada Pertengahan abad 19, Rute kereta Jakarta-Bandung adalah jalur latif yg menggunakan segudang cerita & sejarah. Rute lintasan Jakarta-Bandung dibangun dalam 10 April 1869 & masih beroperasi sampai kini menggunakan masa tempuh dua jam 45 menit. Saat itu kereta barah menggunakan lokomotif uap C28 menggunakan kecepatan aporisma 90 kilometer per jam. Agan bisa mencicipi hawa dingin nan nyaman sembari duduk pada sebelah ventilasi & mengamati lintasan kereta. Nikmatilah lanskap latif berbukit & hijaunya pepohonan terutama waktu kereta barah ini memasuki daerah Cikampek, Karawang, & Bandung. Ada hamparan sawah menguning atau nan hijau sangat menyejukan mata. Pemerintah Hindia Belanda terlanjur jatuh hati dalam kota Bandung sampai lalu menciptakan jalur kereta barah Batavia-Parahyangan dalam 16 Mei 1884. Berikutnya berdasarkan sekadar kota persinggahan lalu Bandung jadi kota tujuan wisata bahkan loka tinggal. Selama bepergian agan berdasarkan Jakarta menuju Bandung, Anda jua bisa menikmati pemandangan bangunan tua pada Stasiun Transmisi Cikampek, Stasiun Lemah Abang, Stasiun Cikampek, & Stasiun Karawang. Bangunan stasiun tadi homogen-homogen dibangun akhir abad ke-19. Zaman Hindia Belanda, lokasi Lemahabang, Karawang, & Cikampek pernah sebagai lokasi proteksi para pejuang kemerdekaan sehabis sebelumnya direbut berdasarkan Hindia Belanda. Saat itu jalur ini dipakai menjadi jalur angkutan logistik pangan & perang. Sekarang manfaatnya beralih buat angkutan batu bara ke sejumlah industri pada Karawang, Bekasi, & Cikampek. Pada masa itu jalur Batavia-Bandung sebagai favorit rakyat Belanda. Mevrouw, meneer, Noni, & tuan berdari Belanda jua rakyat Eropa lainnya sangat menikmati suguhan pemandangan latif & hawa sejuk yg dilalui kereta barah lokomotif uap C28. Atraksi paling mengesankan merupakan waktu kereta melewati jembatan tua yg dibangun perusahaan kereta barah masa Hindia Belanda yaitu Staatspoorweg Maatschappij (SS). Saat melintasi Purwakarta hingga Padalarang, SITUS JUDI TERBAIK SLOT4DAnda bisa memperhatikan tiga jembatan baja pada Ciganea, Cisomang, & Cikubang. Jembatan Ciganea & Cisomang mempunyai panjang 223 meter dengan tinggi 72 meter. Sementara jembatan Cikubang panjangnya 300 meter, ditunjang empat pilar baja seberat 122 ton, total berat bajanya merupakan 394,lima ton. Anda pun akan melintasi Sungai Cikubang yg latif. Semua jembatan tadi dibangun energi pakar Belanda tahun 1869 & permanen dipelihara sampai waktu ini terutama dalam bagian penghubung antara rangka baja utama. Pemerintah Hindia Belanda mengoperasikan kereta barah Vlugge Vier menggunakan kecepatan aporisma 90 km/jam. Kereta ekspres tadi benar-benar elit pada zamannya. Awalnya jembatan pendukung jalur kereta barah yg dibangun pemerintah Hindia Belanda waktu itu mencapai 400 unit. Semuanya dibangun pada sepanjang jalur Jakarta-Bandung, lintas Cikampek & Sukabumi. Akan namun yg paling menakjubkan buat Anda lihat terdapat pada 3 loka yaitu pada Ciganea, Cisomang, & Cikubang. Lewati jalur kereta pada jembatan tanpa pagar pada atas jurang maka akan mencicipi tubuh terasa melayang. Akan namun, Anda usahakan nir membuka pintu ventilasi, apalagi pintu gerbong lantaran terpaan angin relatif kencang pada ketinggian tadi. Cukup amati berdasarkan ventilasi bagaimana sensasi jantung berdebar & pemandangan jurang berpadu hamparan sawah & sungai. Kereta barah Vlugge Vier merupakan cikal bakal kereta barah Parahyangan yg beroperasi semenjak awal 1970-an lalu dilanjutkan KA Argo Gede. Setelah Tol Cipularang beroperasi, akhirnya bepergian “Vlugge Vier” pun tersisihkan. Satu lagi sensasi yg akan Anda nikmati pada rute kereta barah Bandung-Jakarta, lintas Cikampek & Karawang, yaitu melewati Terowongan Sasaksaat. Terowongan ini berada pada antara Purwakarta & Padalarang dan adalah lokasi yg poly diperbincangkan lantaran menyimpan kisah mistis & rahasia rakyat setempat. Terowongan Sasaksaat mempunyai panjang 950 meter menerobos Bukit Cidepong menggunakan dinding relatif tebal sampai syahdan sulit dihancurkan para pejuang kemerdekaan waktu itu buat menghentikan logistik tentara Hindia Belanda. Terowongan Sasaksaat dibangun menggunakan ketelitian sangat tinggi lantaran berada pada tanah perbukitan. Saat dibangun tahun 1902 sampai 1904, terowongan ini sudah menelan korban pekerja rodi yg relatif poly dimana jenazah mereka dikuburkan pada lebih kurang terowongan tadi. Lantaran itu pulalah penduduk Kampung Cipicung, Desa Sumurbandung, Kabupaten Bandung acapkalikali mengidentikannya menggunakan perbedaan makna mistis dimana setiap lepas 17 Agustus selalu diberi sesajen berupa seekor domba buat menolak bala. Saat kereta melintasi desa ini maka Anda pun akan melihat poly domba & kambing berkeliaran pada rerumputan.

Spoiler for SITUS JUDI TERBAIK SLOT4D Jembatan Cikubang

Spoiler for Jembatan Cikubang #2

Spoiler for Jembatan Cisomang

Spoiler for Terowongan Sasaksaat


SUMBER

SUMBER FOTO : Rekan Rekan Railfans Daop 2 Bandung
Gan/Sist berminat buat nyoba? sekali kali ke bandung naik kereta ga rugi deh gan/sist. daripada naik mobil terus emoticon-Malu (S) buat tarif emg cukup tinggi dari bis gan tapi agan bakalan menikmati apa yg namanya panorama peninggalan jaman belanda .
SITUS JUDI TERBAIK SLOT4D
buat Gan/Sist yg mau nyoba naik kereta dijalur ini ane bakalan ngasih jadwal KA apa aja yg lewat jalur ini semoga membantu ya gan emoticon-Malu (S)
Spoiler for Bandung - Jakarta

Spoiler for Jakarta - Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar